Menulis Itu Gampang

Umur berapa kamu bisa menulis? Waktu SD, sebelum SD atau mungkin umur 3 tahun sudah bisa menulis nama sendiri?

Saya lupa kapan awal bisa menulis dan kalau cuma sekedar menulis sih memang gampang. Apalagi menulis abjad A sampai Z. Ya iyalaaahhh. Semua orang pun yang sudah belajar menulis dari kecil, pasti sudah ahli dalam menulis. Setidaknya menulis nama mereka sendiri:)
Kalau untuk hal seperti ini, bisa dikatakan 'MENULIS ITU GAMPANG'.

Tapi kalau lebih spesifik lagi, yang saya maksud dengan menulis adalah menghasilkan tulisan yang baik dari segi struktur, bahasa, pilihan kata, konten yang baik, membuat orang lain tertarik untuk membaca tulisan sampai habis dan dapat dipertanggunjawabkan.
Kalau cuma diminta menulis apa yang ada di pikiran masing-masing, mengeluarkan uneg-uneg dan kekesalam lewat tulisan mungkin memang gampang bagi sebagian orang. Tapi seberapakah dari sebagian orang tersebut mau dan bisa mempertanggungjawabkan tulisannya?

Kalau melihat fenomena sekarang ini, banyak sekali yang suka mencurahkan isi hatinya dengan tulisan yang di-upload ke media sosial. Sepertinya mudah sekali mereka menulis. Dan sepertinya mereka merasa PD, cuek dan bangga karena merasa keren banget tulisan yang mereka hasilkan. Padahal, hadoooh, kadang tata bahasa salah, tulisannya ngasal dan nggak jelas apalagi tanda baca sering salah tempat. Saya sendiri nggak jago nulis dan tata bahasa juga masih sering ngaco, tapi yang mereka lakukan lebih parah lagi. Malahan, jadi terkesan, di bangku sekolah apakah mereka nggak pernah dapat masukan dari guru kalau banyak kesalahan dalam tulisan mereka. 

Seringkali, ini lah yang menjadi alasan bagi saya untuk takut-takut dalam menulis. Takut salah kata, salah tafsir, salah tulisan dan salah-salah lainnya. Akhirnya, sedikit sekali tulisan yang saya hasilkan dan menurut saya, belum ada tulisan bermutu yang saya hasilkan. Well, I know, at least I try to write. 

Tapi saya bukan orang yang gampang menyerah. Saya ingin suatu hari nanti saya akan mengatakan kepada diri saya sendiri dan juga orang-orang terdekat saya:
1. Menulis itu gampang kok..
2. Menulis itu menyenangkan
3. Oyaaa.. saya punya tulisan yang sudah dipublikasikan di banyak media
4. Dsb  dsb yang pasti akan membuat saya bangga :)

Saya yakin kalau punya keinginan kuat, pasti ada jalan. Kalau saya punya keinginan kuat untuk menulis dan menjadikan menulis itu gampang, maka akan ada jalan yang terbuka untuk saya.

Kuncinya simpel menurut saya: terus coba, belajar dari tulisan orang lain, evaluasi tulisan sendiri, sering-sering minta masukan dari orang lain dan terus coba. 

Teruslah semangat menulis karena ada saja kemungkinan, seseorang terinspirasi dengan tulisanmu. :)

Semangaaat!!!

You Might Also Like

0 komentar